SEKILAS INFO
  • 1 tahun yang lalu - Website Resmi Institut Agama Islam Sultan Muhamamad Syafiuddin Sambas
WAKTU :
Diterbitkan :
Kategori : Berita
Komentar : 0 komentar

IAIS Sambas – Tepat hari Senin tanggal 11 Januari 2021 merupakan hari yang membahagian bagi IAIS Sambas. Pada hari tersebut dilaksanakan penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan 3 instansi, yaitu : Pengadilan Agama Sambas Kelas IB, Pengadilan Agama Bengkayang dan Desa Sebangun.

Penandatanganan MoU ini dilakukan di Aula Kampus IAIS Sambas dan dihadiri seluruh pimpinan lembaga, Fakultas dan Program Studi di IAIS Sambas. Rektor IAIS Sambas Dr. H. Jamiat Akadol, M.Si, MH. menyambut langsung para pimpinan dari insitusi yang menghadiri kegiatan ini.

Pengadilan Agama Sambas Kelas IB dipimpin oleh Wakil Ketua Ibu Rukayah, S.Ag. Pihak Pengadilan Agama Bengkayang dipimpin oleh Ketua nya yaitu Bapak Muhlis, S.H.I., MH. dan dari Desa Sebangun di pimpin oleh Kepala Desa Bapak Sarbini, S.Pd.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta berdoa demi kelancaraan kegiatan ini. Setelah itu langsung melakukan pemberian cinderamata dari IAIS Sambas kepada seluruh instansi yang hadir. Selain cinderamata diberikan juga hibah buku yang ditulis langsung oleh Rektor IAIS Sambas Bapak Dr. H. Jamiat Akadol, M.Si, MH.

Dalam sambutannya Rektor IAIS Sambas sangat bersyukur dan sangat senang dengan diadakannya MoU ini. Disisi lain bapak Rektor juga menceritakan sejarah berdirinya IAIS Sambas dan mengingikan agar mindset kuliah di Perguruan Tinggi Islam hanya untuk menjadi pendakwah. Nyatanya IAIS Sambas merupakan Perguruan Tinggi Islam yang berfokus dalam aspek dakwah dan ilmu pengetahuan. Hal ini dilakukan IAIS Sambas sebagai respon terhadap perkembangan selama ini bahwa perguruan tinggi islam kurang diminati.

Beliau menginginkan dengan kerjasama ini mahasiswa lulusan IAIS Sambas tidak hanya berfikir menjadi Pegawai Negeri Sipil, tetapi mempunyai jida kewirausahaan. Dengan adanya kerjasama ini IAIS Sambas telah memberikan kesempata yang besar kepada mahasiswanya untuk melakukan tri dharma perguruan tinggi untuk mendapatkan pengalaman praktek dilapangan.

Diakhir kata sambutannya, Rektor IAIS Sambas berpesan agar kerjasama ini akan terus berlanjut sehingga generasi yang akan datang dapat menikmati hasil yang lebih baik.

Ketua Pengadilan Sambas Kelas IB Ibu Rukayah, S.Ag juga sependapat dengan Bapak Rektor, beliau menginginkan agar dengan kerjasama ini dapat menghasilkan kegiatan kongkrit yang dapat meningkatkan mutu dan akreditasi IAIS Sambas.

Selain itu Ibu Rukayah, S.Ag juga bercerita bahwa selama ini Pengadilan Agama hanya di mindset kan sebagai tempat untuk melakukan gugutan cerai. Hal itu sangatlah kurang tepat, apalagi sekarang ini setelah terjadi perubahan undang – undang mengenai umur dalam pernikahan. Sekarang umur yang diperbolehkan menikah oleh pemerintah baik laki – laki maupun perempuan yaitu berumur 19 tahun. Hal ini mengakibatkan banyaknya perkara izin menikah yang kami layani. Disini Perguruan Tinggi dapat membantu melayani masyarakat dengan adanya Lembaga Bantuan Hukum yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Bengkayang Bapak Muhlis, S.H.I., MH. bercerita mengenai proses sebelum kerjasama ini terlaksana. Penjajakan yang dilakukan cukup berkesan bagi beliau, karena terdapat visi dan misi yang sama antara IAIS Sambas dan Pengadilan Agama Bengkayang yaitu sama-sama ingin memberikan kontribusi yang baik untuk masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dengan adanya kerjasama ini, Pengadilan Agama Bengkayang sangat terbuka dengan IAIS Sambas dan akan membantu kegiatan kongkrit yang akan dilakukan demi memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Lain halnya dengan Kepala Desa Sebangun, Desa Sebangun kenyataannya merupakan desa dengan peringkat IDM terendah di Kabupaten Sambas yaitu peringkat 187 dari 193 desa. Karena hal tersebutlah Kepala Desa Sebangun Bapak Sarbini, S.Pd. ingin melaksanakan kerjasama dengan IAIS Sambas.

Singkat cerita, Desa Sebangun merupakan desa tertua di kabupaten sambas yang terletak ditengah – tengah Kecamatan Sebawai dan diapit oleh sungai sambas besar dan sungai sambas kecil. Karena hal itulah maka penduduk desa sebangun mayoritas tinggal di daerah pesisir sungai dan seratus persen beragama Islam.

Selain itu desa sebangun memiliki dusun kota bangun yang merupakan dusun tertua di Kabupaten Sambas. Di dusun tersebut terdapat peninggalan Raden Sulaiman yang merupakan pendiri dusun tersebut. Oleh karena itu kami menggunakan peneliti – peneliti yang ada di IAIS Sambas untuk menelusuri peradaban dan jejak perjalan Raden Sulaiman di Kabupaten Sambas khususnya di Desa Sebangun.

SebelumnyaPengumuman : Webinar Kuliah Umum Akhir Semester SesudahnyaPenerimaan Mahasiswa Baru IAIS Sambas Telah Dibuka
IAIS Sambas Berduka, Bapak Marianis, SH., MH. Tutup Usia IAIS Sambas Berduka, Bapak Marianis, SH., MH. Tutup Usia
Innalillahi wa inna ilaihi rojiun Civitas IAIS Sambas kembali berduka atas meninggalnya Bapak Marianis, SH., MH. Salah satu dosen di IAIS Sambas dan beliau juga merupakan Camat Kecamatan Tebas, pada...
Upgrading Kepengurusan LPM Risalah IAIS Sambas Upgrading Kepengurusan LPM Risalah IAIS Sambas
Lembaga Pers Mahasiswa – Lembaga pers mahasiswa (LPM) Risalah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syaffiudin (IAIS) Sambas Mengadakan kegiatan Upgrading Kepengurusan pada Kamis, (14/01/2021). Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota LPM dan Bapak...
Kunjungan Rektor Institut TAZKIA Bogor Kunjungan Rektor Institut TAZKIA Bogor
IAIS Sambas – Rektor Institut Agama Islam TAZKIA Bogor, Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP. mengunjungi Insitut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas pada tanggal 20 Januari 2021. Kunjungan tersebut di...
Seminar "Edukasi Perbankan Syari'ah" Seminar “Edukasi Perbankan Syari’ah”
LPM Risalah, Sambas – Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syari’ah (Hima Prodi Pbs) mengadakan seminar edukasi Perbankan Syari’ah dan Pengenalan Bank Mini Syari’ah IAIS Sambas. (Rabu, 13/01/2021). Seminar perbankan ini...
Rektor IAIS Sambas Melepas Resimen Mahasiswa Ikuti Diksar Rektor IAIS Sambas Melepas Resimen Mahasiswa Ikuti Diksar
IAIS Sambas – Rektor IAIS Sambas, Dr. H. Jamiat Akadol, M.Si., M.H. melepas dan membuka Pendidikan Dasar (Diksar) Komanda Batalyon-03/M IAI Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. Korps Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia...
Pengumuman - Laporan Penelitian dan Pengabdian Dosen Kepada Masyarakat Pengumuman – Laporan Penelitian dan Pengabdian Dosen Kepada Masyarakat
Diharapkan semua dosen melaporan semua kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ke LP2M


TINGGALKAN KOMENTAR